SDM Pelaksana Pelayanan Publik - BMTI

Jumlah Pegawai

187

Fungsional Umum

123

Fungsional Tertentu

64

Profile SDM Pelaksana

Pelaksana Pelayanan Publik yang selanjutnya disebut Pelaksana adalah pejabat, pegawai, petugas, dan setiap orang yang bekerja di dalam organisasi penyelenggara yang bertugas melaksanakan tindakan atau serangkaian tindakan pelayanan publik.

Dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik telah diatur kedudukan masyarakat, yaitu seluruh pihak, baik warga negara maupun penduduk sebagai orang perseorangan, kelompok, maupun badan hukum yang berkedudukan sebagai penerima manfaat pelayanan publik, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Oleh sebab itu peran pelaksana pelayanan publik khususnya, akan dirasakan oleh masyarakat selaku pengguna layanan. Maka, komitmen pelaksana pelayanan publik sudah seharusnya diutamakan dalam proses penyelenggaraan pelayanan publik. Komitmen tersebut minimal mencakup profesionalisme dan etika dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Dengan terbitnya Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 26 Tahun 2020 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, maka struktur organisasi yang berada di lingkungan Balai Besar Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Mesin dan Teknik Industri (BBPPMPV BMTI) menyesuaikan dengan tatanan organisasi sesuai dengan peraturan yang ditetapkan dan dikembangkan pada struktur dan jabatan internal yang tertuang dalam Organisasi dan Tata Kerja BBPPMPV BMTI nomor :         /B6.3.1/KP/2020 tanggal    Agustus 2020.

Sesuai dengan Permendikbud 26 Tahun 2020 Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi yang selanjutnya disingkat BBPPMPV merupakan unit pelaksana teknis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di bidang pengembangan penjaminan mutu pendidikan vokasi.

Dalam melaksanakan tugas BBPPMPV menyelenggarakan fungsi:

  1. penyusunan program pengembangan penjaminan mutu pendidikan vokasi;
  2. pelaksanaan penjaminan mutu peserta didik, sarana prasarana, dan tata kelola pendidikan vokasi;
  3. pelaksanaan penyelarasan pendidikan vokasi sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri;
  4. pelaksanaan fasilitasi dan peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan pada pendidikan vokasi;
  5. pengelolaan data dan informasi;
  6. pelaksanaan kerja sama di bidang pengembangan penjaminan mutu pendidikan vokasi;
  7. pelaksanaan evaluasi pengembangan penjaminan mutu pendidikan vokasi; dan
  8. pelaksanaan urusan administrasi.

BBPPMPV BMTI merupakan lembaga pengembangan dan penjaminan mutu pendidikan vokasi bidang mesin dan teknik industri yang mempertanggungjawabkan tugas dan fungsinya kepada Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi. BBPPMPV BMTI sebagaimana dimaksud dalam Permendikbud 26 Tahun 2020 terdiri atas :

  1. Kepala;
  2. Kepala Bagian Tata Usaha; dan
  3. Kelompok Jabatan Fungsional.

Selain Kepala Bagian Tata Usaha yang tercantum dalam tugas dan fungsi BBPPMPV BMTI, dalam operasionalnya Kepala BBPPMPV BMTI dibantu oleh Koordinator dan Sub Koordinator yang ditunjuk dan diangkat oleh Kepala BBPPMPV BMTI. Selain melaksanakan penjaminan mutu pendidikan vokasi, BBPPMPV BMTI melaksanakan dan mengembangkan kegiatan pendidikan dan pelatihan yang fungsi organisasinya dibantu oleh departemen – departemen yang memiliki kompetensi keahlian teknik yang berbeda – beda, terdiri dari :

  1. Departemen Teknik Sipil dan Perencanaan;
  2. Departemen Elektronika dan Informatika;
  3. Departemen Ketenagalistrikan;
  4. Departemen Mesin Produksi dan Konstruksi;
  5. Departemen Otomotif;
  6. Departemen TET dan Sains;
  7. Departemen Manajemen Kependidikan.

KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA (SDM) PELAKSANA PELAYANAN PUBLIK
 

     a.  Pelayanan Pendidikan dan Pelatihan

    1.  SDM yang memiliki kompetensi untuk mengidentifikasi kebutuhan Diklat Teknis melalui analisis kebutuhan diklat
    2.  SDM Mampu merancang, mengembangkan, melaksanakan, dan mengevaluasi program Diklat Teknis
    3.  Pengajar Pelatihan sesuai spesialisasinya dan berkompeten
    4.  Pelaksana pelatihan yang kompeten
 
b. Pelayanan non Pendidikan dan Pelatihan

    1) Layanan Praktek Kerja Lapangan
 
       a)  Memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang peraturan dan kebijakan di bidang kehumasan;
       b)  Mampu bekerja dalam tim;
       c)  Memiliki kompetensi Teknologi Informasi , dan Komunikasi (TIK);
       d)  Mampu melakukan koordinasi dengan Unit Kerja lain di internal PPPPTK BMTI
       e)  Memiliki ketelitian, kecekatan, kesabaran, keramahan.
  
    2) Layanan Penggunaan Fasilitas Lembaga
 
       a) Memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang peraturan PNBP, Pengelolaan Fasilitas  Lembaga;
       b) Mampu bekerja dalam tim;
       c) Memiliki kompetensi Teknologi Informasi , dan Komunikasi (TIK);
       d) Mampu melakukan koordinasi dengan Unit Kerja lain di internal PPPPTK BMTI
       e) Memiliki ketelitian, kecekatan, kesabaran, keramahan.