Diklat Manajemen Bengkel – SMK Negeri 2 Kendari

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bidang Mesin dan Teknik Industri (PPPPTK BMTI), menyelenggarakan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) melalui Diklat Manajemen Bengkel bagi Guru-Guru SMK yang pelaksanaannya bertempat di Sekolah Menengah Kejuruan sebagai Pusat Belajar (PB). 

Pada hari senin, 4 November 2019 telah dimulai kegiatan Diklat Manajemen Bengkel bagi Guru-Guru SMK di Pusat Belajar, SMK Negeri 2 Kendari. Kegiatan tersebut mengundang 40 orang guru sebagai peserta.

Secara umum Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) melalui Diklat Manajemen Bengkel bagi Guru-Guru SMK bertujuan untuk memberikan peserta bekal pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola bengkel yang ada di sekolah masing-masing secara efektif dan efisien.

Adapun tujuan khususnya adalah agar peserta dapat :

  1. Memahami dasar-dasar pengelolaan bengkel yang efektif dan efisien;
  2. Merencanakan kebutuhan ruangan, peralatan, dan bahan praktik pembelajaran kompetensi dan analisis pekerjaan yang mengacu pada kurikulum yang dipakai disekolah masing-masing;
  3. Mengelola berbagai aktivitas bengkel, terutama dalam hal penataan, pemakaian, dan pemeliharaan, serta inventarisasi fasilitas bengkel;
  4. Menerapkan aplikasi pengelolaan bengkel dalam perencanaan, penggunaan dan pemeliharaan fasilitas bengkel.