Uji Publik dan Finalisasi Petunjuk Teknis PKP

Sebagai salah satu PPPPTK Bidang Kejuruan, PPPPTK BMTI menyelenggarakan kegiatan Uji Publik dan Finalisasi Petunjuk Teknis (Juknis) Program Pengembangan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Guru Kejuruan mulai tanggal 21 sampai 24 November 2019 di Bintang Kuta Hotel, Bali.

Kegiatan ini untuk meninjau ulang juknis PKP Guru Kejuruan yang telah disusun agar dapat digunakan di semua PPPPTK dan LP3TK KPTK di Indonesia. Sebanyak kurang lebih 60 peserta yang berasal dari Dinas Pendidikan, Sekolah Menengah Kejuruan, serta PPPPTK Kejuruan bekerja sama agar juknis PKP Guru Kejuruan ini dapat rampung dan digunakan pada tahun 2020 nanti.

Salah satu upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang bermuara pada peningkatan kualitas siswa adalah menyelenggarakan Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP).

Untuk meningkatkan efisiensi, efektifitas, serta pemerataan mutu pendidikan, maka pelaksanaan Program PKP Guru Kejuruan tidak hanya mempertimbangkan pendekatan kewilayahan dalam satu zonasi, tetapi juga mempertimbangkan karakteristik dari jenis kompetensi keahlian yang ada di SMK sehingga pelaksanaan Program PKP Guru Kejuruan dapat dilakukan dengan menggabungkan beberapa zonasi. Melalui langkah ini, Musyawarah Guru Mata Pelajaran Kejuruan (MGMPK) dapat terintegrasi dalam zonasi atau lintas zonasi untuk pengembangan dan pemberdayaan guru. Zonasi mempertimbangkan karakteristik dari jenis kompetensi keahlian yang ada di SMK, keseimbangan dan keragaman mutu pendidikan di lingkungan terdekat, seperti status akreditasi sekolah, nilai kompetensi guru, capaian nilai rata-rata UN Teori Kejuruan dan UKK, atau pertimbangan mutu lainnya.

Kegiatan ini bertujuan untuk :
1. Menyamakan persepsi tentang program dan strategi pelaksanaan Diklat PKP kejuruan tahun 2020;
2. Merencanakan pelaksanakan Program PKP Guru Kejuruan Berbasis Zonasi.
3. Memetakan data Guru PKP Kejuruan berbasis zonasi tahun 2020;

Hasil yang diharapkan pada kegiatan ini adalah : 
1. Adanya kesamaan persepsi tentang pelaksanaan dan pengelolaan Diklat PKP kejuruan ;
2. Adanya rencana pelaksanakan Program PKP Guru Kejuruan Berbasis Zonasi
3. Terpetakannya data Guru PKP kejuruan berbasis zonasi tahun 2020;