Kegiatan Fasilitasi Penerapan Model-Model Pembelajaran Inovatif

Cimahi, PPPPTK BMTI — Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bidang Mesin dan Teknik Industri (PPPPTK BMTI) menyelenggarakan Kegiatan Fasilitasi Penerapan Model-Model Pembelajaran Inovatif. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 27 Februari 2020 di Gedung Aula Serbaguna PPPPTK BMTI , yang diikuti oleh Widayiswara dan Pengembang Teknologi Pembelajaran/PTP.

Acara dibuka oleh Kepala PPPPTK BMTI, Bapak Supriyono, M.Si. Beliau menyampaikan tujuan kegiatan ini secara umum adalah untuk memberikan kemudahan kepada pendidik dan atau tenaga kependidikan dalam upaya meningkatkan kemampuannya dalam menerapkan model maupun memanfaatkan media pembelajaran pada proses belajar mengajar.

Peserta di kegiatan ini mendapatkan materi Peranan Teknologi Informasi Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan dan Penjelasan Lembar Kerja Penerapan Model-Model Pembelajaran Inovatif dari Bapak Didik Suhardi, Ph.D., Dr. Abi Sujak, M.Sc.

Tujuan Kegiatan :

  1. Memberikan pemahaman dalam penerapan model dan pemanfaatan media pada kegiatan pembelajaran.
  2. Mendorong, memotivasi, dan membangkitkan kreativitas dalam menerapkan model maupun memanfaatkan media pada proses pembelajaran.
  3. Memberikan keterampilan teknis dalam penerapan model dan pemanfaatan media pembelajaran.
  4. Memberikan penilaian dan menggali umpan balik dalam pelaksanaan fasilitasi penerapan model dan pemanfaatan media pembelajaran.

Materi Kegiatan :

  1. Peranan Teknologi Informasi Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan;
  2. Penjelasan Lembar Kerja Penerapan Model-Model Pembelajaran Inovatif;
  3. Konsep Dan Contoh Penerapan Model-Model Pembelajaran Inovatif;
  4. Video Pembelajaran & Hypermedia dalam Model-Model Pembelajaran Inovatif;
  5. Praktek Penerapan Model Pembelajaran Discovery – Inquiri; Blended Learning; Flipped Classroom; Project Based Learning; Game

Foto Kegiatan