Cegah Penyebaran Covid-19, Belajar Daring Menjadi Solusi

Di tengah merebaknya pandemi virus Covid-19 yang melanda Indonesia, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengajak para pelaku pendidikan untuk memanfaatkan media pembelajaran jarak jauh (PJJ) via daring. Langkah ini dilakukan untuk mendukung 15 protokol pendidikan Covid-19 yang dikeluarkan sebelumnya.

Terlebih lagi saat ini presiden Joko Widodo telah mengeluarkan anjuran agar siswa dan mahasiswa melakukan pembelajaran di rumah. Untuk itu, aplikasi pembelajaran jarak jauh menjadi solusi agar kegiatan belajar mengajar (KBM) tetap berlangsung meskipun dilakukan di rumah.

Aplikasi pertama yang dapat digunakan selama masa belajar di rumah adalah aplikasi yang dikembangkan Kemendikbud, Rumah Belajar. Aplikasi ini telah dilengkapi banyak fitur seperti Sumber Belajar, Peta Budaya, Kelas Digital, Buku Sekolah Elektronik (BSE), Laboratorium Maya, Wahana Jelajah Angkasa, Bank Soal, Karya Bahasa dan Sastra.

Fitur ini disediakan agar dapat membantu siswa dalam melakukan pembelajaran digital tanpa dipungut biaya apapun. Untuk mengakses Rumah Belajar dapat mengunjungi laman belajar.kemdikbud.go.id. Juga dapat diakses melalui aplikasi android yang diunduh di playstore.

Seperti yang telah dipublikasikan dalam siaran resmi Kemendikbud, juga didukung oleh mitra dari sektor swasta untuk menyelenggarakan sistem belajar secara daring. Semua platform ini dan bisa diakses secara umum dan gratis. Adapun aplikasi tersebut di antaranya :

  1. Akses Rumah Belajar: https://belajar.kemdikbud.go.id
  2. Akses Google G Suite for Education: https://blog.google/outreach-initiatives/education/offline-access-covid19/
  3. Akses Kelas Pintar: https://kelaspintar.id
  4. Akses Microsoft Office 365: https://microsoft.com/id-id/education/products/office
  5. Akses Quipper School: https://www.quipper.com/id/school/teachers/
  6. Akses Sekolah Online Ruangguru Gratis: https://sekolahonline.ruangguru.com
  7. Akses gratis belajar online Sekolahmu: https://www.sekolah.mu/tanpabatas
  8. Akses Zenius: https://zenius.net/belajar-mandiri

Melaui dukungan aplikasi ini diharapkan para siswa dapat terus melakukan pembelajaran meskipun di tengah Pandemi Covid-19. Karena sesuai denga jargon Rumah Belajar, Belajar Kapan Saja dan Dimana Saja. (MFS)

Beri penilaian untuk berita ini!