Pembukaan Diklat Center of Excellence Tatap Muka Jarak Jauh

Cimahi – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui BBPPMPV Bidang Mesin dan Teknik Industri menyelenggarakan Kegiatan Pembukaan Diklat Center of Excellence Tatap Muka Jarak Jauh. Kegiatan diklat ini dilaksanakan mulai periode 15 Maret s.d 12 April 2021.

Kepala BBPPMPV BMTI Supriyono, M.Si, dalam sambutannya berharap kegiatan diklat dapat dilaksanakan dengan baik oleh peserta. Penyampaian materi kegiatan belajar dengan menggunakan fasilitas tatap muka secara virtual yang difasilitasi oleh pengajar dari widyaiswara. 

“Terkait pelatihan ini kami berharap peserta dapat memberikan pengimbasan pengetahuan, keterampilan kepada sekolah sekolah lain, dan kami memerlukan peran sekolah untuk bisa mengajak Dinas Pendidikan bahwa ada peran Balai Besar yang cukup besar untuk melatih guru dan tenaga kependidikan jenjang SMK,” ujarnya. 

Pusat Keunggulan SMK

Pusat Keunggulan SMK adalah upaya pengembangan SMK dengan program keahlian tertentu agar mengalami peningkatan kualitas dan kinerja, yang diperkuat melalui kemitraan dan penyelarasan dengan IDUKA, serta menjadi SMK rujukan dan pusat peningkatan kualitas dan kinerja SMK lainnya.

Pada tahun 2018, Pemerintah Indonesia (melalui Kementerian Pendidikan) dan Perancis (melalui Schneider Electric) bekerjasama untuk mendirikan Center of Excellence (CoE) sebagai pusat pelatihan bagi SMK di bidang Kelistrikan. Tujuan dari CoE ini adalah untuk mengembangkan kurikulum dan sistem pendidikan bertaraf internasional yang menghubungkan dunia akademis dengan kebutuhuan industri dan diharapkan mampu membantu menyiapkan siswa SMK untuk bekerja di sektor kelistrikan. 

Selain pengembangan kurikulum dan sistem pendidikan di bidang kelistrikan, juga akan dilakukan perbaikan laboratorium di 184 SMK di Indonesia secara bertahap selama enam tahun ke depan. Kemudian Kemendikbud juga akan menerapkan master plan revitalisasi pendidikan kejuruan untuk mempromosikan pengembangan keterampilan kerja para siswa berdasarkan permintaan industri, sekaligus membangun platform modern untuk pelatihan kejuruan di bidang elektrikal, automasi, dan energi terbarukan.

Sebagai tindak lanjut dari kerja sama ini maka pada tahun 2021 BBPPMPV BMTI masih memiliki program peningkatan kompetensi bagi guru dan teknisi SMK CoE yang merupakan kelanjutan dari program CoE pada tahun sebelumnya. 

Program diklat ini dilaksanakan dengan pola 40 jam pelajaran (4 minggu) dengan moda daring/tatap muka jarak jauh. Guru sebagai peserta melakukan pembelajaran secara daring/tatap muka jarak jauh dan dapat berinteraksi dengan pengampu/mentor, dan peserta lainnya.

Tujuan diklat secara umum adalah untuk meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan tugasnya melalui peningkatan kompetensi profesional serta memiliki performa sebagai pendidik dan pimpinan bagi peserta didiknya. Secara khusus, diklat ini bertujuan untuk :

  1. Memberikan bekal pengetahuan tentang arah Kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengenai Pendidikan Kejuruan dan Diklat Daring (Program PKB Moda Daring); 
  2. Memberikan bekal pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan profesional bidang kelistrikan.

Beri penilaian untuk berita ini!