Bimbingan Teknis Korespondensi dan Tata Naskah Dinas

Sejumlah 38 pegawai BBPPMPV BMTI mengikuti Kegiatan In House Training: Bimbingan Teknis Korespondensi dan Tata Naskah Dinas bagi pelaksana administrasi pada hari Senin, 5 April 2021 sampai dengan Rabu, 7 April 2021 bertempat di  Ruang PU BBPPMPV BMTI. Kegiatan yang diprakarsai oleh Unit Tata Usaha dan Kepegawaian BBPPMPV BMTI ini merupakan salah satu pelaksanaan dalam mewujudkan pengembangan kompetensi ASN pada tingkat instansi.

Kegiatan dibuka oleh Ipan Ilmansyah Hidayat selaku Sub Koordinator Tatalaksana dan Kepegawaian. Beliau menyampaikan beberapa pesan terkait pentingnya kegiatan ini dalam mendukung pekerjaan sehari-hari terutama erat kaitannya dengan surat menyurat, laporan dan peliputan kegiatan baik di media internal maupun di media sosial.

Narasumber pada hari pertama dan kedua dalam kegiatan ini yaitu Bambang Trimansyah, S.S. dari Epigraf Komunikata Prima yang membawakan materi Surat Menyurat Kedinasan, Penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam persuratan serta pembuatan berita untuk media internal dan media sosial. Hari ketiga kegiatan diisi oleh Al Zuhruf, S. Sos., M. Si. dari Lembaga Administrasi Negara dengan materi bimbingan teknis korespondensi dan tata naskah dinas. Narasumber dalam kegiatan kali ini tidak hanya datang dari luar instansi, masih di hari ketiga yang merupakan hari terakhir materi ditutup oleh Bernadeta Ayuning Tyas Ajeng Satiti salah satu pegawai BBPPMPV BMTI  yang didaulat untuk berbagi ilmu mengenai aplikasi SINDE yaitu Sistem Naskah Dinas Elektronik milik Kemdikbud yang digunakan untuk membantu tata laksana surat menyurat sehingga lebih mudah dan cepat.

Antusiasme pegawai dalam mengikuti kegiatan ini sangat tinggi terbukti dengan sering munculnya komunikasi dua arah antara narasumber dan peserta kegiatan. Banyak pertanyaan yang dilayangkan kepada narasumber terkait dengan materi yang disampaikan atau studi implementasi dalam penggunaannya. Dengan terlaksananya kegiatan ini selama tiga hari berturut-turut peserta diharapkan mendapatkan pengetahuan tentang surat menyurat dalam tata naskah dinas yang tepat serta bagaimana menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dan teknis surat menyurat melalui aplikasi SINDE. (Mira)

Beri penilaian untuk berita ini!