Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Tahun 2021

Seluruh pegawai BBPPMPV BMTI mengikuti peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia dengan khidmat pada hari Selasa, 17 Agustus 2021 secara virtual. Acara peringatan ini dilaksanakan dengan mengikuti pedoman yang diterbitkan oleh Kementerian Sekretariat Negara RI. Dalam pedoman tersebut dinyatakan bahwa pelaksanaan upacara peringatan menyesuaikan dengan kondisi pandemi Covid-19 dan mengutamakan penerapan protokol kesehatan. Tema upacara tahun ini adalah Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh.

Upacara berlangsung pada pukul 07.00 s.d. 08.00 WIB, diawali dengan pengibaran bendera Sang Merah Putih diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan mengheningkan cipta yang dipimpin oleh pembina upacara, pembacaan teks proklamasi, pembacaan teks Pancasila, pembacaan Pembukaan UUD 1945, dan amanat pembina upacara. Rangkaian upacara ditutup dengan penayangan lagu wajib yaitu Tanah Airku ciptaan Ibu Soed dan lagu Bendera milik grup band Coklat, yang dikreasikan ulang oleh staf BBPPMPV BMTI.

Dalam amanat yang disampaikan oleh Supriyono, Kepala BBPPMPV BMTI selaku pembina upacara mengatakan bahwa seluruh pegawai perlu mensyukuri atas nikmat yang telah diberikan oleh Tuhan YME pada kondisi pandemi Covid-19 ini dan selalu tetap menjaga protokol kesehatan.

Terkait dengan kondisi pandemi Covid-19 yang sedang dihadapi oleh bangsa Indonesia saat ini, Presiden Joko Widodo telah menyampaikan beberapa hal penting dalam pidato kenegaraannya pada Sidang Tahunan MPR tahun 2021, sehari sebelum peringatan HUT ke-76 RI. “Pandemi ini seperti kawah candradimuka yang merupakan tantangan sekaligus mengasah dan menguji kebersamaan kita. Itulah proses untuk bangsa yang tahan banting dan kokoh dalam setiap pertandingan,” kata presiden.

Presiden mengatakan bahwa kemerdekaan ini merupakan perjuangan keras bangsa, termasuk setiap resesi yang telah mampu dijalani bangsa setelah kemerdekaan. Adaptasi terhadap kebiasaan baru saat ini telah mengubah cara-cara kehidupan bangsa untuk semakin kreatif dan inovatif menghadapi Revolusi Industri 4.0.

“Kapasitas lembaga negara menjadi responsif dan konsolidatif selama masa pandemi. Birokrasi pusat hingga desa bergerak terpadu dalam penanganan Covid-19. Saya meyakini, dengan sikap responsif itu, akan memperkokoh ketahanan bangsa,” katanya.

Pada kesempatan upacara peringatan HUT ke-76 RI ini, pembina upacara mengingatkan pula tentang komitmen pegawai. “Sebagai PNS, kita dituntut untuk selalu meningkatkan kompetensi dan profesionalisme pegawai, memahami dengan baik apa yang sudah menjadi tugasnya serta mengacu pada Sasaran Kinerja Pegawai,” tuturnya. “Mari kita tingkatkan kualitas pelayanan kepada publik. Organisasi terbuka untuk menerima ide dan masukan dari seluruh pegawai,’’ ujarnya menambahkan sekaligus mengakhiri amanat upacara. (Herna).

Upacara peringatan HUT ke-76 kemerdekaan Republik Indonesia diikuti oleh seluruh pegawai BBPPMPV BMTI secara virtual
Pengibaran bendera Sang Merah Putih dilakukan oleh petugas pada upacara peringatan HUT ke-76 kemerdekaan Republik Indonesia

Beri penilaian untuk berita ini!